Rabu, 28 Oktober 2009

Hiu Macan / Shark Tiger

Hiu Harimau (Macan) mendapatkan namanya dari warna tubuh yang gelap dengan garis-garis vertikal terutama pada hiu macan yang masih muda. Semakin dewasa, warna garis-garis vertikal tersebut semakin menipis atau bahkan hilang sama sekali.

Predator dengan hidung besar dan tumpul ini terkenal dengan reputasinya sebagai pemakan/penyerang manusia. Masalah terbesar dengan hiu ini adalah, mereka tidak membeda-bedakan jenis menu yang mereka akan makan. Apabila mereka menyerang manusia dan melakukan gigitan pertama, mereka kemungkinan akan terus menyerang. Tidak seperti hiu putih yang kebanyakan meninggalkan manusia setelah melakukan gigitan pertamanya.

Hiu jenis ini sering memakan bangkai, memiliki indra penglihatan dan penciuman yang sangat baik, hampir tidak ada batasan tentang jenis mangsa yang mereka makan. Hiu Macan memiliki gigi yang tajam dan bergerigi dengan rahang yang sangat kuat, sehingga mampu memecahkan cangkang kerang besar dan bahkan batok penyu laut. Seekor Hiu Macan yang pernah ditangkap, di dalam perutnya ditemukan sisa ikan pari, ular laut, anjing laut, burung, cumi-cumi dan bahkan plat kendaraan bermotor dan sebuah ban bekas.

Hiu Macan terkenal dengan sebutan tempat sampah, karena sering sekali hiu ini akan memakan benda apa saja yang ditemui, seperti sampah yang mengapung, ban bekas dan lain-lain. Hiu Macan hidup di kawasan laut tropis dan sub-tropis di seluruh dunia. Ukuran hiu ini bisa tumbuh dari 3 sampai 4.5 meter dengan berat lebih dari 600 kg.

Hiu macan sering diburu para nelayan untuk diambil sirip, kulit, daging dan hatinya yang mengandung vitamin A kadar tinggi yang dapat diproses menjadi minyak vitamin A. Jumlah mereka saat ini sangat terancam keberadaannya.

Daerah sebaran Hiu Macan (Warna coklat muda):

Jenis: Ikan (Fish)
Jenis makanan: Carnivore
Rata-rata masa hidup: sampai 50 tahun
Ukuran 3.25 sampai 4.25 m
Berat: 385 sampai 635 kg

Ukuran relatif terhadap manusia 2m:


[Sumber: Courtesy of National Geographics (NG)]
[Note: Every pictures are respective to their owner]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar